4 Desember 2012

CHRISTMAS CRACKER

     Setiap negara dibelahan bumi manapun pasti memiliki tradisi masing-masing dalam merayakan hari Natal. Ada yang dilakukan dengan cara yang unik tapi ada juga yang dilakukan biasa-biasa saja sehingga terkesan membosankan alias kurang berkesan. Itu semua tentunya tergantung dari kesiapan hati kita apakah kita bisa memetik sesuatu yang baik dan berharga dibalik tradisi peringatan hari kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus.
      Dari sekian banyak tradisi natal yang ada di dunia ini, salah satunya adalah tradisi yang disebut  "Christmas Cracker" atau bisa disebut juga Bon-bons. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Inggris pada umumnya dan juga di negara-negara persemakmurannya. Christmas Cracker telah menjadi kemeriahan tersendiri bagi keluarga-keluarga di Inggris dalam merayakan hari kelahiran Kristus. Tradisi ini dilakukan dirumah disaat semua anggota keluarga sedang berkumpul dalam suasana sukacita Natal. 
     Sebuah benda yang mewakili tradisi Cristmas Cracker tersebut adalah semacam tabung panjang terbuat dari kertas atau sejenisnya yang berbentuk seperti permen besar. Christmas Cracker dibuat dengan bentuk sedemikian rupa dimana dikedua ujungnya dimaksudkan untuk ditarik sehingga akan menimbulkan suara ledakan jenaka yang akan memeriahkan suasana. Ketika tabung terbuka, maka akan ada sesuatu di dalamnya yang sebelumnya telah diisi benda-benda sesuai dengan keinginan sang pemesan atau pembuatnya.

Isi didalam sebuah Christmas Cracker biasanya adalah :
1. Lipatan kertas berbentuk mahkota untuk dipakai langsung oleh pemilik Christmas Cracker
2. Benda-benda kecil berukuran mini semacam cinderamata atau mainan
3. Selembar kertas kecil bertuliskan kata-kata lucu atau lelucon
Cara membuatnya bisa dilihat di YouTube

     Tradisi Christmas Cracker sudah menjadi warisan budaya kerajaan Inggris berabad-abad lamanya. Christmas Cracker biasanya dibagikan saat acara makan malam bersama keluaraga di hari Natal.  Dengan adanya tradisi tersebut, maka acara Natal menjadi semakin meriah dan penuh dengan sukacita walaupun cuma di dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar