18 Maret 2013

POHON KEIMANAN

   Di dalam Alkitab, kita bisa menemukan gambaran tiga buah pohon yang sering dijadikan perumpamaan oleh Tuhan dalam menyampaikan firman-firmanNya kepada manusia. Pohon tersebut adalah pohon Ara, pohon Anggur dan pohon Zaitun. Uniknya ketiga pohon tersebut dianggap penting dan seperti saling terkait, dimana ketiganya juga menjadi semacam simbol perjalanan keimanan bangsa Israel dan murid-murid Yesus dalam mengenal Allah dan dalam memahami segala maksud serta rencanaNya. Iman kristen pun di gambarkan oleh Allah dalam Alkitab dengan sebuah perumpamaan biji sesawi.

Perhatikan ayat-ayat berikut ini :

Matius 17 : 20
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini, Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah."

Yohanes 15 : 5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Mazmur 52 : 10
"Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya."
Matius 24 : 32-35
Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat semua ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah diambang pintu.  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tapi perkataanKu tidak akan berlalu.

Lukas 13 : 6-9
Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak dapat menemukannya. Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

Mazmur 128 : 3
"Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!"

Lukas 17 : 6
Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: "Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu." 

Yoel 2 : 22
Jangan takut, hai binatang-binatang di padang, sebab tanah gembalaan di padang gurun menghijau, Pohon menghasilkan buahnya, Pohon ara dan pohon anggur memberi kekayaannya.

Habakuk 3 : 17a-18
Sekalipun pohon ara tidak berbunga, Pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, ..... namun aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 

Demikianlah Firman Tuhan


Catatan :
Pohon Zaitun melambangkan kesetiaan, keteguhan dan ketabahan.
Pohon Ara dianggap simbol berkah dan kemakmuran.
Pohon Anggur melukiskan kualitas hidup manusia yang diberkati oleh Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar